Jumat, 22 Mei 2009

MEMPRODUKSI FILM (PART 2)

Dalam pembuatan film kita harus mengenal unsuk-unsur pembangunnya yang meliputi :
1. Sutradara
2. Penulis Skenario
3. Pemain
4. Penata Fotografi
5. Penata Artistik
6. Penata Suara
7. Penata Musik
8. Penyunting

Sutradara :
Merupakan orang yang bertanggungjawab dalam sukses tidaknya film, dimana seorang sutradara harus memiliki tanggung jawab aspek kreatif,interpretatif an aspek teknis.

PENULIS SKENARIO :
Skenario film sering disebut sebagai screenplay atau scrit,penulisan skrip bisa berasal dari ide orisinil dari seorang penulis atau ide orang lain.
Skenario yang baik bukan hanya enak dibaca akan tetapi juga dilihat dari segi efektivasnya untuk memproduksi film, skenario berisi cerita dramatik (dramatic story)untuk itu script harus disajikan lengkap dalam deskripsi-deskripsi visual yang mengandung irama adegan dan dialog yang selaras sehingga mampu secara total untuk diinterpretasikan oleh seorang sutradara.

PEMERAN :
Pemeran atau aktor merupakan unsurfilm yang melakukan tugasnya dengan bahasa tubuhnya sendiri, maksudnya dalam menjalankan aktivitas pada saat shooting diarahkan sesuai dengan tuntutan sutradra melalui script .

PENATA FOTOGRAFI :
peneta fotografi adalah merupakan salah satu orang terdekat sutradara, yang memiliki tugas mengatur jenis shot-shot kamera bersama dengan sutradara, berbagai bentuk tugas dari penata fotografi :
1. Menetukan jenis-jenis lensa dan filter yang digunakan
2. Mengatur teknis bekerjanya kamera
3. Menentukan pencahayaan yang tepat
4. Penata fotografi juga memeriksa hasil shooting dan proses laboratorium

PENATA ARTISTIK :
Merupakan orang yang bertugas menyusun semua keperluan yang melatarbelakangi cerita film,dan semua pemikiran yang berkaiatan dengan setting dan hal ini merupakan tugas dari penata artistik dimana dia dituntut oleh sutradara untuk mampu menerjemahkan konsep visual dari sang sutradara.

PENATA MUSIK :
Unsur yang juga tidak kalah penting dalam pembuatan film adalah musik, dan sudah menjadi tugas dari penata musik untuk menentukan shot-shot yang dirangkai dan diberi irama musik akan terkait menjadi satu kesatun yang padu.

PENYUNTING :
Penyunting adalah orang yang melakukan penyuntingan film hasil dari laboratorium,dia bekerja dibawah pengawasan sutradara.

continued part 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HOT NEWS

artikel Broadcasting

festival film purbalingga

Televisi Kecil - Jogja Television Forum

TUTORIAL VIDEOGRAFI

Buletin Galeri Video

BBCIndonesia.com | Berita Dunia | Indonesian News index

Perpustakaan Film indiesof

filmmaking.net articles

Naratama TV Club

detiknews - detiknews

Liputan6 - Berita Aktual

LESEHAN

INFO KOMPUTER

Softpedia - Windows - All

LA Lights IndieFest .Com

Info Hardware Computer

Shoutmix


ShoutMix chat widget

Network Follows

Blog-Blog Terkait