Jumat, 12 Juni 2009

Belajar Dasar Lighting Film, Secara Low Budget!

Dari dulu saya penasaran tentang teknik lighting film, karena kelihatannya sangat susah padahal vital sekali dalam membuat gambar yang bagus. Kalau lagi di lokasi syuting, saya bisa aja mengira-ngira angle camera yang bagus bagaimana, tapi soal lighting nggak pernah mengerti. Kenapa lampu gedenya ditaruh di situ? Kenapa lampu kecilnya ditaruh di sana? Kapan harus pakai lampu yang mana, dan seterusnya. Adanya cuma bengong ngelihat DP dan orang lighting sibuk ngatur, ngintip monitor dan memerintahkan geser ini itu, pasang atau lepas filter. Saya nggak butuh ilmu yang se-profesional itu, minimal pengen ngerti dasarnya aja.
Bisa aja beli buku, tapi satu masalahnya, saya orangnya nggak sabaran. Selalu pengen tahu dasarnya aja untuk memulai, nggak suka kelewat dalem. Intinya, saya kepengen tahu cara-cara sederhana yang bisa diterapkan untuk produksi zero-budget. Akhirnya, ketemu juga beberapa link yang benar-benar cocok dengan keinginan saya. Pertama, saya rekomen download ini:
ARRI Lighting Handbook
http://www.arri.com/infodown/light/broch/arri_lighting_handbook_english.pdf
Sebetulnya ini brosur, tapi banyak gambar skema dan contoh lighting yang cukup ngasi gambaran buat pemula kayak saya. Berkat brosur ini saya jadi lebih mengerti teknik dasar dan istilah-istilah dalam lighting untuk film. Tapi, apa yang dijelaskan di ARRI ini adalah teknik dan nggak ngajarin bagaimana menerapkan semua itu kalau kita nggak punya alat-alat profesional itu.
Untuk yang cuma kepengen tahu dasar-dasarnya, ketiga artikel ini digabung dengan pengetahuan teknik dasar dari brosur ARRI rasanya sudah lumayan. Minimal, rasa penasaran saya sudah terpenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HOT NEWS

artikel Broadcasting

festival film purbalingga

Televisi Kecil - Jogja Television Forum

TUTORIAL VIDEOGRAFI

Buletin Galeri Video

BBCIndonesia.com | Berita Dunia | Indonesian News index

Perpustakaan Film indiesof

filmmaking.net articles

Naratama TV Club

detiknews - detiknews

Liputan6 - Berita Aktual

LESEHAN

INFO KOMPUTER

Softpedia - Windows - All

LA Lights IndieFest .Com

Info Hardware Computer

Shoutmix


ShoutMix chat widget

Network Follows

Blog-Blog Terkait